News Detail

Cleaner Carbon, Tune Up Tanpa Turun Mesin

Senin, 1 Februari 2021 02:24
Tribun Family card
Bachtiar Ramli , Pengeloal Bengke;l Murni Baru Banda Aceh, siap menerima meber TFC untuk layanan Diskon Tune Up dengan Proses Carbon Clenear. 

Banda Aceh - Mobil Anda tiba-tiba tarikannya berat? boros dan tidak bertenaga? hal ini bisa terjadi akibat penimbunan kerak karbon sisa pembakaran yang sudah menumpuk di ruang bakar.  Jika ini terjadi pada mobil, biasanya kita langsung mendatangi bengkel untuk melakukan tune up, untuk mobil yang angka spedometernya sudah diatas angka 100.000 km biasanya bengkel menganjurkan untuk melakukan turun setengah mesin (Top overhaul).

Tujuan turun setengah mesin ini salah satunya adalah untuk membersihkan tumpukan kerak karbon di ruang bakar (permukaan piston) agar bisa dibersihkan secara sempurna, sehingga kondisi mesin bisa dikembalikan kepada ferfoma yang prima.

Melakukan top overhaul mesin jelas memerlukan biaya yang tidak sedikit, tetapi sekarang ini ada cara lain untuk membersihkan karbon deposit di ruang bakar, yaitu dengan cara penyeprotan carbon clean sejenis foam, dengan metode ini tak perlu menguras biaya terlalu banyak yang jauh lebih murah dan lebih praktis karena dilakukan dengan hanya membuka busi saja.

Menurut Bachtiar Ramli selaku pengelola bengkel Murni Baru yang beralamat di Jalan T.Panglima Polem, kota Banda Aceh ini mejelaskan ” proses dari carbon clean itu sendiri dilakukan dengan cara memasukkan cairan atau obat carbon clean khusus ke dalam ruang bakar (langsung ke permukaan piston) lewat lubang busi dengan menggunakan suatu alat khusus, kemudian setelah didiamkan kurang lebih 15 menit cairan/obat tersebut disedot kembali, dari hasil sedotan itu sudah bisa terlihat berapa banyak kerak karbon yang sudah berhasil diangkat dari ruang bakar, bahkan dengan menggunakan lampu senter kita bisa melihat lewat lubang busi kalau permukaan piston sudah bersih kembali seperti baru," jelasnya.

Proses carbon clean ini dilakukan saat mesin sudah berada dalam keadaan panas, karena kalau mesin masih dingin, cairan cleaner carbon tidak akan bereaksi, jika ruang bakar sudah bersih dari karbon deposit maka performa mesin mobil akan kembali seperti baru, tarikan enteng dan irit bahan bakar.

Untuk menjaga performa kendaraan tetap prima maka carbon clean ini dianjurkan untuk rutin dilakukan setiap kelipatan 30.000 km atau 6 Bulan sekali dengan biaya tergantung dari jenis pengunanan bahan bakar bensin atau solar, kisaran harga  sekitar Rp 250-350 ribu, dengan proses pengerjaan sekitar 1 jam, jika proses carbon cleaner  ini rutin dilakukan maka usia mesin akan lebih panjang dan senantiasa perfoma mesin tetap terjaga

Member TFC dapat Potongan harga Clean Carbon Cleaner  25-30%
Khusus kepada pemilik  Triibun Family Card kami berikan diberikan diskon 25-30%  ujar Bachtiar Ramli, tentunya sesuai dengan nomor polisi kenderaan anda yang tertera dalam kartu Tribun Family Card, silahkan datang alamat kami Murni Baru Jalan Panglima plem No.142 Peunayong Banda Aceh.

 

Penulis: Serambi Indonesia
Editor: Administrator