News Detail

Bimbel 3 PCO, Garansi Siswa Tepat Pilih Jurusan

Kamis, 13 Juni 2019 17:00
Tribun Family card
Bimbel 3 PCO Jalan Mataram No. 21 Gedung Catholic Center Medan 
MEDAN.TRIBUNNEWS.com - Tuntutan akademis sekolah saat ini sangatlah tinggi. Hal ini membuat banyak siswa mencari tempat belajar tambahan di luar sekolah, Bimbingan Belajar (Bimbel) misalnya. 
 
Banyak bimbel di Kota Medan yang menawarkan berbagai kelebihannya. Namun tak banyak yang seperti Bimbel 3PCO.
 
Manager Bimbel 3PCO, Beslion Purba ST mengatakan bimbel yang berlokasi di Jalan Mataram nomor 21, Gedung Catholic Centre Lantai 2 Medan ini awalnya dibangun karena keprihatinan terhadap dunia pendidikan.
 
"Anak-anak SMA di Indonesia itu, bisa merebut medali olimpiade di tingkat internasional. Tapi masalahnya peringkat pendidikan kita, 129 dari 150 negara. Apa yang masalah disitu. Secara SDM sepertinya bukan masalah," ujarnya saat ditemui di Jalan Mataram nomor 21, Gedung Catholic Centre Lantai 2 Medan.
 
Beslion mengatakan, pemeringkatan itu banyak faktornya, salah satunya adalah jurusan kuliah tidak sesuai dengan pekerjaan. Ia menambahkan hal ini yang ternyata menjadi faktor pengali terbesar sehingga peringkat pendidikan Indonesia berada di peringkat 129. 
 
"Berangkat dari keprihatinan itulah, Bimbel 3PCO dibangun. Hasil survey terbaru yang kami terima, 87 persen anak-anak salah jurusan dan 40 persennya drop out. Tentu saja hal ini tidak bisa kita biarkan begitu saja," katanya.
 
Bimbel 3PCO menjawab masalah tersebut dengan Tes STIFIn. Tes STIFIn adalah tes personality genetik. Tes ini dilakukan dengan cara memindai atau scan sepuluh ujung jari. 
 
Sidik jari yang membawa informasi tentang komposisi susunan syaraf tersebut kemudian dianalisa dan dihubungkan dengan belahan otak tertentu yang dominan berperan sebagai sistem-operasi dan sekaligus menjadi mesin kecerdasan anak.
 
"Sebenarnya belahan otak manusia itu ada lima, otak kiri, limbik kiri, otak tengah, otak kanan, dan limbik kanan. Diantara kelimanya, ada satu yang lebih dominan dari yang lainnya," jelas Beslion.
 
Dari fungsi otak yang paling dominan ini, akan diketahui jurusan yang paling tepat untuk si anak itu apa. Maka dengan tes ini, Bimbel 3PCO menjamin anak tidak akan salah jurusan.
 
STIFIn merupakan singkatan dari sensing, thinking, intuiting, feeling, dan insting. Tes ini sistemnya online, anda bisa mendapatkan hasil tes dalam waktu lima menit saja. Akurasi tes ini mencapai 95 hingga 97 persen.
 
"Kita berangkat dari sini untuk memperbaiki 87 persen anak yang salah jurusan dan peringkat pendidikan kita yang rendah. Jangan sampai orang pintar salah jurusan, sayangkan," ujarnya.
 
Setiap anak yang akan belajar di Bimbel 3PCO diwajibkan melakukan tes STIFIn. Dari hasil tes ini, anak-anak akan dikelompokkan. Karena melalui tes ini tentor di 3PCO bisa menerapkan metode belajar yang tepat untuk masing-masing siswa dan membuat siswa lebih nyaman serta cepat dalam memahami materi pelajaran.
 
"Dengan tes ini, sudah bisa ditentukan si anak masuk IPA atau IPS. Sehingga tak ada lagi anak-anak yang masuk IPA hanya karena gengsi misalnya. Kan sayang ya, hanya karena gensi, padahal dia pintar sosiologi malah belajar IPA. Bukannya anak-anak seperti ini enggak cocok di IPA, hanya saja, ada tempat yang lebih tepat dari pada itu dan sesuai dengan kecerdasan genetiknya," ujar Beslion
 
"Sidik jari setiap orang pasti berbeda. Tes STIFIn cocok dilakukan sejak sidik jari anak terbentuk dan biasanya 2 tahun ke atas sidik jarinya sudah terbentuk. Idealnya sejak anak-anak di TK, sudah bisa kita lakukan tes STIFIn. Berbekal dari tes ini, kita sudah bisa mengarahkan anak ini jadi apa. Jadi enggak mengeluarkan biaya untuk coba-coba," ujarnya.
 
Seperti Dini Damaris Br Bangun, ia adalah seorang siswa di Bimbel 3PCO ini. Saat akan bergabung dengan bimbel ini, ia melakukan tes STIFIn terlebih dahulu. Menurut Dini, dengan tes ini ia bisa memahami dirinya dan teman-teman di sekelilingnya.
 
"Saya kan sensing, kalau sensing ini ingatannya kuat, kalau soal pelajaran yang disampaikan secara lisan, saya bisa mengingatnya dan menjelaskannya pada teman saya," kata Dini.
 
Sementara siswa lainnya Rotua Anastasia didominasi intuiting. Meski pelupa, Rotua punya daya tangkap yang kuat terhadap informasi.
 
"Penilaian terhadap kecerdasan genetik ini sangat mendukung untuk ku di sekolah. Aku bisa menikmati pelajaran di IPA karena memang pelupa dan bersyukur enggak masuk IPS," kata Rotua
 
Sementara siswa lainnya, Marcella didominasi thinking. Marcella menjelaskan ia pandai dalam hitung-hitungan tapi kurang dalam menghapal. 
 
"Kami sudah tahu dari sekarang nanti kuliah mau ambil jurusan apa. Dari sekarang kami sudah diarahkan dari 3PCO," pungkasnya. (cr18)
 
Koordinasi dengan Orang Tua
 
Biaya tes STIFIn ini sudah termasuk dengan bimbel, jadi anak tak perlu lagi dibebankan biaya untuk tes. Ada beberapa program di tempat bimbingan belajar ini, yaitu reguler untuk siswa kelas 6 SD hingga 12 SMA IPA atau IPS dan alumni, program untuk pelatihan olimpiade. 
 
"Beberapa sekolah sudah kerja sama dengan Bimbel 3PCO dalam program untuk pelatihan olimpiade. Program ini sudah bergaransi, artinya kalau belum dapat medali kami enggak dibayar. Kenapa kami berani, karena kami sudah tahu cara mengajar si anak," jelasnya.
 
Beslion mengatakan selama ini, cara belajar anak dilakukan dengan satu metode saja. Sehingga ada anak-anak yang mengerti, ada yang tidak mengerti. Tapi kalau sudah melakukan Tes STIFIn, pihaknya yakin tercapai. 
 
"Ada anak yang dia harus hapal mati dulu baru bisa memahami, ada yang kita kasih konsep, skema baru dia mengerti. Ada juga yang kita suruh baca buku dulu baru kita ajarin, ada yang harus sambil dengar musik baru pelajaran bisa dipahaminya, ada yang harus diskusi lebih banyak baru paham. Macam-macam lah," jelasnya.
 
Selain itu ada program untuk UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) dan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Jadi kalau ada instansi atau sekolah yang ingin mengadakan try out, Bimbel 3PCO bisa kerjasama.
 
"Kita juga melaksanakan TOS atau Top Olimpiade Sains. Ini adalah acara resmi, untuk perlombaan anak-anak tingkat SMP dan SMA di bidang Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Bahasa Ingris se Sumatera Utara dan Aceh. TOS ini digelar setiap akhir bulan Oktober. Bahkan kemarin ada yang dari Pekanbaru beberapa orang," jelas Beslion.
 
Hasil tes sidik jari juga akan dijelaskan kepada anak-anak. Tak hanya pada anak, hasil tes juga dikonsultasikan dengan orang tua. 
 
"Kami selalu minta kerja sama orang tua siswa dan tetap menjaga hubungan baik dengan orang tua. Bila perlu kami panggil. Kalau bisa perlakuan yang kami lakukan terhadap siswa di sini sinkron dengan yang di rumah. Jangan sampai kami di sini sistemnya tegas, tapi di rumah tidak," ujarnya.
 
Misalnya baru-baru ini Bimbel 3PCO melakukan pertemuan dengan orang tua anak-anak kelas 3 SMP agar tidak bingung anaknya cocok di IPA atau IPS. 
 
Bimbel ini buka Senin sampai Sabtu mulai pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB. Bimbel ini berpusat di Jalan Mataram nomor 21, Gedung Catholic Centre Lantai 2 Medan. Ada dua cabang lainnya di Jalan Matahari Raya nomor 46 Medan Helvetia dan Jalan Marelan II nomor 99 B, Pasar 4, Marelan. 
 
"Tentor yang mengajar di Bimbel ini memiliki latar belakangan yang beragam. Rata-rata berasal dari perguruan tinggi negeri seperti ITB, USU, Unimed. Kami juga sebenarnya lebih mengutamakan memperbaiki karakter siswa, jadi bukan sekadar nilai yang bagus. Kita mau nilai bagus karakter bagus. Jangan sampai salah jurusan lah," pungkasnya. (cr18)
 
Member TFC Dapat Les Gratis Satu Bulan
 
Bagi anda pemegang kartu Tribun Family Card (TFC) Premium, anda bisa mendapatkan gratis satu bulan bimbingan belajar di Bimbel 3PCO ini. 
 
"Jadi anak-anak kan mau ujian kenaikan kelas, sebelum ujian kita bisa ajari selama sebulan untuk persiapan ujian. Cukup tunjukkan saja kartu TFC nya," kata Beslion.
 
Cukup membayar Rp 700ribu, anda sudah bisa menjadi member TFC Premium selama setahun. Anda bisa mendapatkan promo-promo menarik dari merchant yang bekerjasama seperti Bimbel 3PCO ini dan puluhan merchant lainnya. 
 
Tribun Family Card Premium merupakan program untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan setia Tribun Group di seluruh Indonesia dan juga merupakan wujud penghargaan kepada pelanggan dari segmen premium.
 
Kartu member TFC merupakan kartu member premium, bagi pelanggan koran Tribun Group di seluruh Indonesia. Jadi cukup satu kartu member bisa digunakan di seluruh Indonesia
 
Kartu ini berlaku hanya satu tahun, jika ingin memperpanjang harus berlangganan koran lagi selama satu tahun dan seterusnya. (cr18)
Penulis: Tribun Medan
Editor: Administrator
NEWS POPULER